Nahlia Sa'adah R4B 202246500124

DKV Menurut Saya


Maret 05, 2024




Hallo!


Perkenalkan nama saya Nahlia Sa'adah. Biasa dipanggil Nahlia/Nal/Lia (tapi saya ngga suka di pannggil lia). Oke lanjut, saya lahir di Jakarta 14, Februari 2004. Saya anak pertama dari 5 bersaudara. Ibu saya tidak bekerja, karna bliau adalah ibu rumah tangga. Sedangkan ayah saya dia adalah seorang karyawan swasta di sebuah hotel yang ada di Jakarta. Tapi itu dulu, sekarang ayah saya kena PHK massal yang ada di tempat kerjanya, jadi sekarang ibu saya yang ikut membantu untuk perekonomian keluarga kami. Waduh ko jadi kesitu ya....


Saat saya sekolah di bangku sekolah dasar, saya suka dengan yang namanya pelajaran seni budaya. Saya nggak tau kenapa, karna pada saat itu yang saya rasakan ketika belajar seni budaya adalah perasaan senang serta seru ketika melihat bu guru menggambar sesuatu dan mewarnainnya. Lagipula anak SD mana si yang nggak suka mewarnai hehe. 


Setiap pelajaran seni budaya, saya selalu mendapatkan nilai 90. Karna pada saat itu cuma saya yang bisa mewarnai nggak keluar garis dan bisa mencampurkan tiap warna berbeda, yang biasa kita sebut gradasi. Nggak mau sombong, saya kadang suka ngajarin temen-temen saya buat tau caranya mewarnai seperti saya, karna mereka yang minta diajari.


Selain mewarnai, saya juga suka membuat prakarya yang ditugaskan buguru. Seperti mengukir sabun menjadi berbagi bentuk, membuat bentuk hewan dari biji-bijian serta membuat berbagai macam bentuk dari kertas origami. Itu semua saya kerjakan dengan senang hati dan penuh usaha, karna bagi saya itu seru hehe.


Tidak hanya itu, selain mewarnai saya juga suka menggambar. waktu sedang membuat pekerjaan rumah, ayah saya melihat gambar saya dan memujinya. Ayah saya memberi saran agar saya menjual gambar yang sudah saya buat, untuk nanti diwarnai oleh teman-teman yang membelinya. Saya pun menyetujui hal tersebut. Hingga pada akhirnya, saya menjual gambar saya dan ternyata banyak teman saya yang suka dan membelinya. hahaha beruntung banget rasanya, gambar yang udah dibuat, bisa di apresiasi teman kelas dan dibeli.


Setelah lulus SD, saya melanjutkan sekolah di Madrasah Tsanawiyah daerah Jakarta Timur. Di sana saya aktif dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah yang biasa disebut OSIS. Tugas saya disana adalah menjadi seksi dokumentasi di setiap acara yang diadakan. Saya terpilih jadi seksi dokumentasi karna menurut anggota OSIS yang lain, saya bisa dan bagus dalam menggambil gambar atau video di kamera.


Lulus dari sekolah itu saya melanjutkan ke Sekolah Menengah Kejuruan atau yang biasa kita sebut dengtan SMK. Di sekolah ini saya mengambil jurusan Multimedia. Kenapa saya memilih jurusan ini? Karna saya merasa punya kemampuan dibidang Multimedia. Saya ingin belajar lagi tentang menggambar ataupun mengambil foto dan video. Disana saya berkontribusi untuk menjadi sekretaris. Saya lumayan aktif di kelas dan mendapat nilai baik di setiap pelajaran di kelas. 


Setelah lulus dari SMK, saya ingin langsung bekerja, tapi saya rasa saya masi kurang dalam bidang yang saya ingin tonjolkan di tempat kerja nanti. Jadi saya memutuskan untuk kuliah di Universitas Indraprasta PGRI dan menggambil jurusan Desain Komunikasi Visual. Niat saya masuk jurusan ini adalah untuk belajar lagi dan memahami lebih jauh tentang desain dan fotografi yang sebelumnya pernah saya pelajari di SMK waktu itu. 


Awal masuk kuliah jurusan DKV ini, saya merasa kurang nyaman dan merasa tertekan. Saya nggak tau kenapa alasannya, mungkin pada saat itu kemampuan menggambar saya sudah menurun karna saya merasa saya sudah jago padahal tidak. Adanya suasana baru yang sangat amat berbeda pada saat saya sekolah dulu, membuat saya merasa tidak nyaman. Ditambah ada mata kuliah yang tidak pernah saya ketahui sebelumnya, membuat saya khawatir dan ragu apakah saya bisa bertahan untuk belajar di jurusan DKV ini. 


Namun seiring berjalannya waktu, saya mulai bisa beradaptasi dan mulai terbiasa dengan suasa kelas atau bahkan suasa yang ada di kampus dan saya sudah bisa terbiasa dengan konsep perkuliahan ini. Saya rasa benar adanya apabila banyak orang bilang bahwa disetiap situasi baru kita perlu beradaptasi, wajar jika pada awalnya kita merasa kaget ataupun takut. Namun rasa takut akan hilang jika kita bisa mengatasinya dan yakin untuk terus maju kedepan. 


Kampus Unindra PGRI menerapkan sistem perkuliahan Hybird yang dimana di dalamnya terdapat sesi tiap minggu pertama online dan minggu kedua offline. Hal itu di lakukan secara terus menerus, bukan tanpa alasan. Hal itu dilakukan dengan harapan mahasiswa dapat pemahami materi dengan lebih maksimal. Karna dengan begitu, mahasiswa bisa mendengarkan pemaparan dosen secara langsung & bertanya apabila tidak mengerti dengan materi yang disampaikan dan diskusi dengan teman sekelas. Selain itu, perkuliahan yang di lakukan dengan zoom juga bisa membuat mahasiswa merasa lebih santai dan banyak waktu untuk mengerjakan tugas dengan hasil yang maksimal nantinya. 


Pada semester 1 yang telah saya jalani, banyak mata kuliah yang baru saya dengar dan saya ketahui, banyak matakuliah yang membuat saya mempelajari berbagai macam teknik gambar dengan arsiran, selain itu ada juga penyusunan elemen-elemen visual seperti titik, garis, warna, ruang dan tekstur yang menjadi satu kesatuan, yang biasa kita sebut nirmana.


Kemudian pada semester 2 saya juga banyak mempelajari bagaimana cara mendesain sesuatu dengan terstruktur, pewarnaan yang sesuai, serta elemen apa saja yang cocok pada desain yang kita buat. Dan itu harus kita ketahui fungsi serta filosofinya. Karna dengan begitu, kita dilatih untuk tidak hanya sekedar membuat desain sesuatu dengan iming-iming bagus saja. Tapi harus jelas maksud dan tujuan serta alasan desain itu dibuat.


Kemudian alasan saya memilih kenapa harus belajar Desain Komunikasi Visual adalah karna saya ingin mempelajari dan memahami lebih dalam lagi tentang bagaimana cara mendesain yang baik, terstruktur, kemudian filosofi apa yang ada didalamnya dan fungsi dibuatnya desain tersebut. karna dengan terus mempelajari hal tersebut dan ditekunkan secara terus menerus, pasti ilmu itu akan berguna ketika saya sudah masuk ketempat kerja yang saya impikan nantinya. Saya juga ingin membuat sesuatu desain atau project yang berguna dan bermanfaat bagi yang melihatnya.


Saya sangat amat berharap di semester 4 ini, saya bisa lebih rajin dan semangat lagi dalam mempelajari dan memahami semua matkul yang ada. Selain itu juga saya harap saya bisa lulus tepat waktu dan bisa bekerja di tempat yang saya impikan. Agar orang tua saya bangga, punya saya di hidupnya.



Terimakasih sudah membaca blog saya, saya harap siapapun suka dengan blog saya.

Have a good day ^_^


Nahlia Sa'adah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS DAN KESIMPULAN PADA POSTER FILM TOY STORY 3

Analisis Tentang Desain Grafis